Kamis, 12 Mei 2011

Tomat untuk lancarkan sirkulasi darah

Aspirin dikenal sebagai obat yang digunakan sebagai analgesik (obat rasa sakit atau nyeri), antipiretik (obat demam), dan anti-inflamasi (obat peradangan).

Banyak orang yang mengonsumsi aspirin untuk menghilangkan nyeri dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Padahal, aspirin yang dikonsumsi secara terus-menerus meskipun dalam dosis kecil dapat memberi efek samping seperti pendarahan di perut atau menimbulkan bisul.

Kini, suatu penelitian terbaru berhasil menemukan khasiat buah tomat sebagai pengganti aspirin. Obat alternatif ini memiliki manfaat yang sama namun jauh lebih sehat jika dibandingkan dengan obat-obatan kimiawi.

Biji tomat telah diidentifikasi sebagai komponen kunci untuk hidup lebih lama dan sebagai alternatif sehat pengganti aspirin. Berdasarkan hasil uji klinis, gel alami dalam biji buah tomat dapat membantu mengatur sirkulasi darah yang sehat dengan cara mencegah pembekuan darah. Dengan sirkulasi darah yang sehat, metabolisme tubuh pun akan lebih lancar dan membuat seseorang berumur lebih panjang.
 
Gel, yang tidak berwarna dan tidak berasa ini, dapat ditambahkan ke dalam makanan tanpa mengubah karakteristik makanan tersebut. Gel yang ditemukan oleh Professor Asim Dutta-Roy dari Rowett Institute, Aberdeen, ini sudah dipatenkan dan diberi nama Fruitflow. Ia menemukan khasiat biji tomat saat melakukan riset terhadap efek diet Mediterania yang dikenal banyak mengonsumsi sayuran terutama tomat.
 
Hasil penelitian menunjukan aliran darah terlihat berjalan lebih lancar dalam waktu 3 jam setelah seseorang mengonsumsi biji tomat. Efek ini dapat bertahan selama 18 jam. Karena itu Profesor Asim menganjurkan agar buah tomat dikonsumsi secara rutin setiap hari. “Hingga saat ini, tidak ada efek samping yang ditunjukan selama proses penelitian biji tomat,” tandas Professor Asim.
 
“Jika ingin membuat jus tomat, sebaiknya jangan pisahkan bijinya,” tambah Profesor Asim. 
Sumber : Kiriman dari sahabat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar